Selasa, 29 Mei 2012

4 Kisah Cinta dan Hidup Sastrawan Dunia yang Aneh

VErlaine dan Rimbaud
Tahun 1871, Arthur Rimbaud – seorang penyair muda – (umur 16) berangkat ke Paris atas undangan dari Paul Verlaine (yang dianggap sebagai Penyair symbolist prancis). Ketika Rimbaud tiba di Paris, Verlaine jatuh cinta dengan dia dan mereka berdua mulai memutuskan sebuah hubungan yang mengakibatkan Verlaine’s bercerai dari perkawinan.
Dalam keadaan terbius oleh ganja, Rimbaud Menikam Verlaine pada bagian tangannya, kemudian mereka berdua pindah ke Inggris lalu ke Brussels, pada tanggal 10 Juli di pagi hari, Verlaine membeli sebuah revolver berikut pelurunya, lalu pada sore harinya dalam keadaan “mabuk dan emosi” Verlaine menembak dua kali ke arah Rimbaud dan kemudian Rimbaud meminta polisi untuk menahan Verlaine, dan akhirnya memenjarakannya selama 2 tahun.
Mereka berdua kemudian bertemu sekali lagi di saat usia 21 tahun. Rimbaud berhenti menulis, saat ini dia merupakan salah satu penyair paling berpengaruh di Prancis sepanjang sejarah
Edgar Allan Poe
Edgar Allan Poe (19 Januari 1809 – 7 Oktober 1849) adalah penyair, cerpenis, editor, kritikus, dan salah satu pemimpin Gerakan Romantik Amerika. Dikenal karena karya-karya macabre-nya, Poe merupakan salah satu praktisi awal penulisan cerita pendek di Amerika dan perintis karya fiksi detektif dan kriminal. Ia juga mendapat pengakuan atas kontribusinya pada genre cerita fiksi ilmiah. Poe meninggal pada usia 40 tahun karena sebab-sebab yang kurang jelas, terutama diduga karena alkohol, obat bius, kolera, rabies, dan hal-hal lain.
http://www.buzzle.com/img/articleImages/52824-12med.jpgSekalipun memiliki skill menulis, Poe terkenal sebagai seorang pemabuk, dari surat-suratnya terungkap bahwa ia bermasalah dengan suicidal thoughts. Tidak ada yang tahu penyebab dan banyak hal mengenai kematiannya di umur 40 tahun, tapi mungkin karena sakit jantung yang disebabkan kebiasaannya yang suka mabuk itu.
Berdasarkan pengamatannya pada surat-surat Poe, Kay Redfield Jamison berspekulasi bahwa Poe mengidap manic-depressive, atau yang sekarang disebut bipolar disorder. Di dalam bukunya, dia beranggapan kreatifitas yang dimiliki seorang Poe berkembang dari sebuah kegilaan. Dia menulis “mind-sickness dapat memunculkan cosmic-perspectif yang membuahkan kreatifitas mengalir deras”.
Emily Dickinson
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgbg8uFF66D6BqvKh0SqMtM3WgdJrSgoU6bzK4Gcssen-wiowG26nmOq3CnC3EvQUEIdWf5tr0ozMfTDHZ6OYioj6OCxMkfzlB9MlbIM99gypXhe5Ca0as5hE1esrpNHXhvTGhHnl81FV7k/s400/emily-dickinson.jpgEmily Dickinson lahir pada 10 Desember 1830, menjalani kehidupan sebagai seorang pertapa, karena fakta bahwa ia sangat pemalu dan introver. Dia dilihat sebagai eksentrik di kota Massachusetts, yang membuatnya bahkan lebih terisolasi dari kota jelata. Banyak yang percaya hubungan cinta ia telah memicu semacam episode psikotik, yang kemudian memusatkan pada gaya penulisan yang sangat pribadi dan berkaitan dengan peristiwa hidupnya sendiri. Selama tahun 1880-an, banyak dari anggota keluarga Dickinson mulai mati satu demi satu, dan dia segera setelah meninggal pada tahun 1886 juga dari penyakit Bright.
Sebelum dia meninggal, hanya tujuh dari puisi Emily Dickinson diterbitkan publik. Puisi-puisi yang diterbitkan itu telah diedit sehingga mereka sesuai dengan aturan-aturan puisi yang tepat pada saat itu. Hal ini berspekulasi dia menulis lebih dari 1800 puisi, yang sebagian besar ia ingin tetap tersembunyi dan jauh dari mata publik.
Dia dikenal untuk menulis tentang keabadian dan kematian, dan tema lainnya, termasuk alam, juga terungkap ketika puisinya yang diterbitkan. Meskipun keinginannya untuk menjaga puisi sebagai dirinya sendiri dan berharap untuk adiknya untuk membakar mereka setelah kematiannya, Lavinia dan dua orang teman diedit dan kemudian diterbitkan pekerjaannya.
Pada 1890 kumpulan puisinya yang diterbitkan. Dickinson yang diajarkan di kelas sastra dan puisi dari sekolah menengah ke perguruan tinggi. Puisinya sering anthologized dan digunakan oleh banyak seniman saat ini. An 8-sen cap peringatan untuk menghormati Dickinson, dikeluarkan oleh Dinas Pos Amerika Serikat pada tanggal 28 Agustus 1971.
Franz Kafka
http://www.czech.tv/images/Cities-Prague-Attractions-Franz%20Kafka-1.jpgFranz Kafka dari kelas menengah keluarga Yahudi. Dia adalah anak sulung dari semua anak-anak dan diletakkan di bawah tekanan besar untuk membantu keluarganya oleh ayahnya.
Setelah bersekolah di Charles-Ferdinand Universitas Praha, ia belajar kimia, kemudian beralih ke hukum, dan menjadi sangat tertarik untuk menulis dan unsur-unsur sastra lainnya. Meskipun ia menemukan pekerjaan kualitas, ia berhenti karena sering konflik dengan waktu.
Kafka ingin lebih banyak waktu untuk dirinya sendiri dalam rangka untuk menulis, dan kemudian dalam kehidupan pindah ke Berlin pada tahun 1921 untuk mendapatkan waktu ini. Tetapi, pada tahun 1924 ia meninggal tiba-tiba, rupanya dari kelaparan, karena fakta bahwa ia menderita TBC dan sudah tidak mampu lagi untuk makan.
Sementara hidup, Kafka hanya menerbitkan beberapa potong dari karya-karya yang belum selesai. Tulisannya tidak mendapatkan banyak perhatian sampai setelah dia meninggal, dan itu adalah ketika banyak mulai menemukan gaya tulisan, yang sangat eksistensial dan modern, dan sering mencerminkan hidupnya sendiri dalam sebuah kering, dengan cara lucu.
The Metamorphosis stands as one piece of literature that was completed, but many see it as a short story, not a novel.
The Metamorfosis berdiri sebagai salah satu bagian dari sastra yang selesai, tetapi banyak melihatnya sebagai cerita pendek, bukan sebuah novel. Karyanya tidak diterbitkan hingga setelah ia meninggal, oleh seorang teman seumur hidup bernama Max Brod. Hari ini, masih ada pencarian surat-surat yang hilang dan naskah ditulis oleh Kafka. Hidup ketenarannya sebagai Kafka memiliki sebuah museum yang didedikasikan untuk karyanya di Praha, Republik Ceko. Mungkin lebih penting adalah kenyataan bahwa istilah "Kafkaesque" secara luas digunakan sekarang untuk menjelaskan konsep dan ide-ide aneh yang lazim dalam karya-karyanya, khususnya The Trial dan The Metamorfosis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar